Timbreng

Banyak yang bilang kalo dunia ini enggak seluas daun kelor. Banyak juga yang bilang kalo kita bisa ketemu sama siapa aja tanpa terduga-duga. Dan ternyata kalo yang dibilang banyak orang itu ada benarnya.

Waktu kecil gue punya mbak yang tinggal di rumah buat bantu-bantu nyokap ngurus rumah, termasuk ngurus dua buah hatinya yang ganteng-ganteng ini. Namanya Mbak Ati, atau biasa disapa Timbreng. Mbak Ati ini udah ikut nyokap kira-kira sejak usia gue 3 tahunan sampe akhirnya beliau pindah pas gue kelas 4 SD.



Sabtu pagi, gue lagi nganter teman daftar ulang di kampus (Berkat hasutan gue, dia terjerumus ke Mercubuana). Ditengah pembicaraan sama teman gue itu, tiba-tiba ada telepon masuk dari nomer enggak dikenal +628193878XXX

Gue adalah orang yang anti banget ngangkat telepon dari nomor baru, tapi enggak tahu kenapa gue merasa harus mengangkat telepon itu. Dan ketika tersambung, betapa kagetnya gue mendapati orang yang ada diseberang sana adalah Mbak Ati. Gue senang banget, saking senangnya gue nyaris niat menceburkan diri ke kolam kampus yang persis di samping gue. Untunglah itu hanya sebuah niatan. *hehe*

Kita ngobrol panjang lebar. Dari pembicaraan itu dituturkan bahwa udah 9 bulan ini Mbak Ati kerja di kawasan Menteng. Syukurlah ketika gue mendapati beliau bahagia kerja di sana. Ketika di tanya bagaimana dengan keluarganya, beliau bilang anak dan suaminya ada di kota yang berbeda. Bla Bla Bla...Sampe diakhir pembicaraan:

Gue: Mbak udah dulu ya.
Mbak: Kenapa to dek?
Gue: Gak enak nanti pulsa mbak habis.
Mbak: Tenang aja dek. Sesama operator murah kok. Tenang aja ya.
Gue: Loh, mbak pake XL kan??
Mbak: Iya.
Gue: Saya pake Three
Mbak: Lanjutin lewat sms aja ya dek
Gue: -___-

Beberapa hari yang lalu Mbak Ati datang ke rumah. Sumpah rasanya campur aduk. Mulai dari senang, happy, gembira, sampe bahagia *sama ajaa monyong*

Akhirnya, setelah hampir sepuluh tahun terpisah, hari itu kami bisa saling bersua kembali. Dibilang kangen, jelas kangen banget. Sejak beliau pindah, gue cuma sekali doang ketemu doi. Itupun katanya.

Gue: Lama ya Mbak kita gak ketemu.
Mbak: Iya, terakhir pas aku ke rumahmu, tapi ibu sama bapak lagi pergi ke Bogor.
Gue: Kapan??
Mbak: Pas kamu SMP kalo ga salah
Gue: Masa?? Kok saya enggak ingat mbak??
Mbak: Masa ga inget dek?
Gue: Serius. Mungkin pas saya ga di rumah juga kali mbak??
Mbak: Kamu ada kok, kita kan ngobrol
Gue: Hah??
Mbak: Iya, coba diinget-inget
Gue: *Nginget-nginget sekuat tenaga, tapi tetap gak ingat. Akhirnya gue bohong* Oh iya, saya baru inget mbak. Waktu itu mbak agak kurusan, sekarang agak gemuk. Tapi tetap cantik *kemudian tersenyum*

Sebenarnya gue ingin share lebih banyak cerita-cerita kami selama tujuh tahun di sini, tapi rasanya enggak akan cukup kalo semuanya diceritakan dalam postingan kali ini. Semoga aja dikesempatan mendatang gue bisa buat sebuah tulisan khusus tentang beragam cerita masa lalu kami yang masih gue ingat :)
Berikut foto kami:
Gue sama Mbak Ati sebelum Beliau pulang
Bagi sebagian orang, mungkin mereka yang berprofesi seperti itu kurang begitu dianggap dan dihargai. Tapi hal itu enggak berlaku di sini. Bonyok sayang banget sama doi. Apapun yang diinginkan sebisa mungkin dituruti. Iya, mereka memperlakuan Mbak Ati sudah seperti anaknya sendiri. Dulu nyokap sering bilang, jangan pernah anggap Mbak Ati sebagai pembantu, tapi anggaplah beliau sebagai kakakmu.

Nilai-nilai moral itu yang kemudian tertanam di kepala dan bikin gue sangat menghargai dan menyayangi beliau, disamping segala kebaikan yang telah diberikannya buat keluarga di rumah. Rasanya emang berjuta-juta andilnya yang memberikan manfaat selama ini enggak akan pernah bisa kami bayar.

2 komentar:

Ririn Febrian mengatakan...

haahhaha , suka w .. w jug apunya dol , namanya mbak was , masih 1 kampung sama bokap w , trus wktu w balik k jogja eh w ke rumah nya dol , hahahah


Ardi mengatakan...

Wah..Gue turut bahagia mendengarnya. Pasti rasanya senang banget dul ketemu mbak was lagi :) Selalu ada ikatan emosional tiap kali bersua dengan orang2 yang punya ikatan batin dengan kita.


Posting Komentar

 
© 2009 - Mei9satu | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top