Top 10 Lokal Music

Siapa sih Guys yang engga suka dengar musik atau lagu?? Sekalipun mendengarkan musik bukan menjadi sebuah rutinitasnya sehari-hari atau bahkan engga punya satupun musisi favorit dalam hidupnya, Gue yakin pasti orang itu punya beberapa lagu yang pas ditelinganya. Iya, kaya lagu favorit gitu.

Dalam postingan kali ini, gue akan ngasih 10 referensi lagu Indonesia yang berkualitas buat kalian. Lagu-lagu ini yang jadi teman setia gue beraktivitas sepanjang waktu. Entah itu Pas Gue lagi mandi, makan, kuliah, olahraga, ngeblog, atau pacaran. What??! Apa yang terakhir??! Pacaran??! Cewek mana lagi yang lo aku-aku Ar??! *Hehe*

Oke langsung simak aja ya, Here they are...
#10. END OF THE RAINBOW - SANDHY SANDORO
Musisi kelahiran Jakarta, 12 Desember 1973 ini memulai karier musiknya di Berlin, Jerman. Ketika dia balik ke Indonesia dan ngebawain lagu Malam Biru, gue terdorong untuk lebih tahu karya-karyanya yang lain. Sampe akhirnya gue dengar lagu End Of The Raibow ini.

Lagunya emang masih dalam area genre favorit gue. Jadi pas dengar lagu ini sih langsung masuk ke telinga gitu aja. Suara Sandhy yang serak-serak basah ketika tengah berteriak bikin gue geleng-geleng kepala.
Rasanya musikalitas yang terbentuk di Jerman itu telah menjadikannya sesuatu yang begitu berbeda dari pasaran di sini.

#9. BALERINA - EFEK RUMAH KACA
Efek Rumah Kaca (ERK) adalah salah satu band yang sangat unik. Berbeda dengan kebanyakan band yang mengusung tema nangis-nangis bombay, mereka berani melawan mainstream dengan mengusung tema krisis lingkungan. Mulai dari alam, pemerintahan, dan banyak hal lainnya. Balerina jadi salah satu karya luar biasa yang menunjukan bahwa mereka memang enggak pernah kehabisan ide mengeluarkan hits dengan cara mereka sendiri.

#8. MASIH MAMPU MENEMANIMU - THE RAIN
Band asal Jogja yang dibentuk pada tanggal 31 Desember 2001 ini adalah band favorit gue sejak SMP. Musik mereka Metal banget..alias Mellow Total. Jaman-jaman dulu gue lagi seneng-senengnya denger musik pop mellow kaya gini.
Beberapa lagu seperti jangan pergi, dengar bisikku, bukan kekasih, biar bersinar, tersirat di wajahmu, bulan sabit, dan boleh saja benci merupakan lagu-lagu yang harus kalian dengar. Lagu pamungkas mereka buat gue adalah... Masih Mampu Menemanimu.


#7. SELAMANYA -  DIVA GIANINA
Nama penyanyi ini memang kurang terdengar di belantika musik tanah air. Selain lagu Selamanya yang merupakan OST - Kambing Jantan ciptaan Raditya Dika, gue enggak tahu apa dia punya lagu lain atau enggak.

Lagu Selamanya ini sendiri menurut gue sederhana banget. Liriknya enggak panjang, tapi pilihan katanya sangat tepat dan brilian. Diiringi dentingan piano yang nusuk, maka sempurnalah kemasan lagu berdurasi 2 menit 47 detik ini.
Buat teman-teman yang sayang banget sama pacarnya, kayanya lagu ini cocok deh buat kalian. hehe


#6. MAU TAK MAU - JAGOSTU!
Enggak puas hanya dengan dunia S07-nya, Eross Chandra kemudian membuat side project lainnya dengan membentuk band yang dinamakannya Jagostu! Band ini merupakan pelampiasan jiwa Rock n Roll Eross yang enggak bisa disalurkannya di S07.

Di Jagostu! gue paling suka sama lagu Mau Tak Mau. Diluar itu lagu2nya asik banget, sayang mereka sekarang vakum..

#5. I LOVE YOU ANYWAY - MOCCA
Masa-masa Remaja gue banyak dihabiskan untuk mendengarkan lagu-lagu mereka sepulang sekolah. Gue inget hampir semua lagu mereka ada di handphone gue waktu itu. Walaupun sering dibilang sama teman-teman cowok, katanya selera musik gue anehlah, cupulah, noraklah, gue enggak peduli. Belakangan gue sadar, ternyata wajah mereka sendiri lebih aneh seandainya mereka mau ngaca, hehe.. Enggak, bercanda Guys.
I Love You Anyway rasanya layak ada di posisi ini. Lagunya sangat jazzy, cozy, dan crunchy. Buat Swinging Friends sendiri, gue yakin mereka akan setuju kalo lagu ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik Mocca.


#4. GIE - EROS FT OKTA
Dari sekian ribu karya lagu yang telah ditelurkan oleh musisi2 Indonesia, baik yang handal maupun yang abal-abal, menurut gue lagu GIE karya Mas Eross adalah segelintir yang terbilang sempurna. Dari awal dengar lagu ini, gue cuma bisa bilang, "Gila, ini lagu keren banget".
Dan satu yang istimewa, Akustikan gitarnya luar biasa!! mengingatkan kita pada band2 lawas '60 s/d '70an macam Guns n Roses & sejenisnya. Pokoknya salut. Lagunya keren banget Mas.

#3. SAMPAI KAPAN - MALIQ
Ini adalah band Jazz Indonesia yang paling gue suka. Semua lagunya keren-keren banget. Sentuhan Maliq-nya terasa hampir diseluruh karya. Jadi wajar aja kalo gue tempatin Maliq di urutan ketiga. SAMPAI KAPAN jadi perwakilan mereka di posisi ini. Lagunya pas banget buat kalian yang saat ini lagi jatuh cinta diam-diam kepada seseorang. Perasaan kalian akan terwakili oleh lagu Maliq yang satu ini.


#2. LILIN-LILIN KECIL - CHRISYE
Beliau merupakan salah seorang musisi paling besar yang pernah ada di Indonesia. Setiap karyanya selalu menghasilkan musikalitas berkelas yang memiliki tempat di hati penggemarnya. Termasuk gue.

Lagu ini sebetulnya adalah lagu favorit nyokap gue. Waktu kecil beliau memperdengarkan lagu ini lewat kaset, dan... Gue langsung Jatuh hati sama lagunya. Waktu itu gue suka gitu aja tanpa ngerti apa maksudnya. Belakangan gue tahu, lagu ini merupakan sebuah tanya sekaligus doa bagi semua generasi muda bangsa Indonesia untuk siap memegang peranan besar dalam mengendalikan negara ini menuju cahaya-cahaya Illahi.


#1. KISAH DARI SELATAN JAKARTA - WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY
Namanya mungkin terdengar asing bagi sebagian kalangan remaja saat ini. Iya, karena kepala mereka telah dijubeli oleh lagu-lagu cengeng cenderung melayu yang sumpah random banget. Tapi buat gue, White Shoes & The Couples Company akan selalu punya tempat di hati. Apalagi tahun lalu mereka baru aja rilis album kedua berjudul 'Vakansi'. Dan surprise banget sama lagu-lagu di album barunya itu. Penantian panjang menunggu pelayaran mereka kembali terbayar lunas. Ada segudang lagu dengan kualitas dunia di sana. Kisah Dari Selatan Jakarta hanya satu dari seluruh karya luar biasa mereka. Gue sangat rekomendasiin banget album ini harus sampe di telinga kalian.


Oke guys. itulah kesepuluh daftar lagu yang sangat gue sarankan harus kalian dengar. Eniwei Selera musik tiap2 orang itu enggak selalu sama. Iya, karena kuping kita engga dalam satu kepala yang sama juga. Jadi maaf kalo dalam daftar lagu yang gue rilis ini engga sama dengan lagu favorit kalian.

Sekali lagi ini dikarenakan faktor kuping kita yang engga satu kepala. Jadi jangan sampelah kita tarik-tarikan rambut yang akhirnya berujung pada tarik-tarikan kolor hanya karena kita berbeda selera soal musik *Mulai Ngebayangin Kalo yang jadi teman debat gue adalah Perempuan*

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - Mei9satu | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top