Tips Hemat Kuliah

Selamat siang. Apa kabar semuanya??

Sorry ya lama gak ngepos. Belakangan ini gue lagi keranjingan banget ngendarain mobil. Iya, Gue lagi belajar nyetir gitu deh. Sejauh ini sih masih aman-aman aja, belum ada orang yang gue tabrak.

Oke berhubung hari ini banyak banget keluhan yang gue terima dari teman-teman terkait uang saku mereka yang kadang enggak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai mahasiswa. So Gue bakalan bagi-bagi sedikit resep gimana caranya hidup kuliah yang hemat...

# Punya Motor
Gue pernah sekali PP kuliah naik kendaraan umum. Tahu berapa Ongkos yang gue keluarin? Dua belas ribu. Kelihatannya sih dikit, tapi kalo dicompare sama ongkos bensin motor, dua belas ribu tadi bisa buat tiga hari. 
Plus Value lainnya adalah dengan naik motor lo bisa ajak teman searah yang gak punya kendaraan pribadi buat kuliah bareng. Dampaknya? Lo bakal dapat jatah uang bensin, kecuali teman lo koret kaya gue. Tapi kalo teman lo cantik, saran bijak dari gue adalah : jangan ditolak meskipun tidak dibayar.


# Bawa Bekal
Sejak SMA gue udah mulai rutin bawa bekal dari rumah. Dan Alhamdulillah ya sesuatu banget karena uang jajan gue terlindungi. Bawa makan dari rumah juga sangat menjaga kesehatan, karena makanan yang nyokap kalian masak jauh lebih higienis. Tapi ada loh cerita aneh yang datangnya dari teman sebangku gue. Jadi tiap kali dia minta dibawain bekal, uang jajannya selalu dipotong. Kata nyokapnya sih sebagai ganti bekal yang dimasak.

# Gauli Pedagang
Ini sangat sangat penting buat mahasiswa, khususnya bagi mereka yang mengalami degradasi uang saku. Jangan ragu untuk sok akrab sama ibu-ibu warteg atau abang-abang siomay, bakso, batagor, dll. Karena kalo kalian bisa menggauli mereka, gue jamin dengan uang minimal kalian bisa makan maksimal. Jadi mulai sekarang luangkanlah waktu kalian buat bercengkrama dengan para pedagang sekitar kampus.

# Puasa
Sebagaimana pengertiannya, puasa adalah menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkannya, termasuk makan dan minum. Nah, ini bisa jadi alternatif berhemat yang tepat buat kalian. Karena selain jiwa dan raga kalian sehat, dompet kalianpun akan sehat. Jadi kalo nanti diajak makan di tempat mahal sama teman atau pacar, kalian bisa dengan lega menjawab: Maaf, lagi puasa.
Tapi harus diingat juga bahwa bukan pengiritannya yang terpenting di sini, melainkan ibadahnya.
 
# Manfaatkan Kecerdasan
Banyak loh teman-teman mahasiswa yang fakir ilmu. Seandainya jeli, lo bisa jadiin kesempatan ini sebagai lumbung bisnis. Iya, lo bisa bantu ngerjain tugas mereka sampe kelar, tapi dengan imbalan jasa. Contohnya adalah traktiran makan siang, tiket nonton XXI, atau cukup dengan uang yang jumlahnya bisa bervariatif. Tapi jangan sampe dibawah goceng juga. Biar gimanapun Gengsi sebagai mahasiswa kere harus tetap dijaga.
Hidup mahasiswa Kere!!  *Angkat tangan mengepal*

# Buat daftar pengeluaran
Ini gaya hidup baik yang entah sudah berapa lama jadi kebiasaan. Gue jarang jajan, so pengeluaran gue engga terlalu banyak dan sangat gampang untuk dicatat. Cara ini terbukti ampuh memudahkan gue memanage keuangan. So, engga ada salahnya mulai dari sekarang teman-teman buat daftar pengeluaran. Kalian akan mudah mendeteksi kemana saja larinya uang tersebut dan sesegera mungkin menemukan solusi untuk mengurangi pengeluaran yang enggak terlalu penting.

#Jangan Merokok
Fakta membuktikan pengeluaran banyak orang untuk rokok jauh kebih besar ketimbang pengeluaran untuk makanan yang dikonsumsinya. Terus terang gue kasihan sekaligus prihatin sama mereka. Secara Tuhan menyediakan jutaan makanan sehat dan bergizi yang dihamparkannya di muka bumi, tapi kenapa orang-orang malah seneng menghukum dirinya sendiri dengan mengkonsumsi racun bernama ROKOK??!
Ayolah guys sadar dan bangun, rokok tidak hanya membakar uang kalian, tapi juga kesehatan dan dunia ini.



#Kurangi Cuci Mata dan Cuci Dompet
Banyak banget teman gue yang kronis dalam hal window shopping, khususnya yang cewek-cewek. Rasanya mereka udah addict untuk selalu ke mall atau ke tempat hiburan lainnya yang bahkan sehari bisa beberapa kali. Gue engga tahu ya apa mereka takut pulang ke rumah kalo uangnya belum habis atau mungkin ada alasan lain, yang pasti kurangi dan hindari kebiasaan buruk ini.

#Jangan Pacaran
Bukan rahasia umum lagi kalo yang namanya pacaran itu pasti bakalan nguras dompet, khususnya buat pihak laki-laki yang dalam kasus ini sering menjadi korban penjarahan oleh pasangannya. Tiap kali jalan seengaknya lo mesti bayarin pacar lo makan, nonton, atau naek wahana yang mahal-mahal kan?. Itu mesti. Belum lagi kalo doi minta dibeliin ini - itu. Pokoknya Menyesatkan. Nah.. untuk menghindari hal tersebut gue saranin sebaiknya lo jangan pacaran deh. Lebih baik single kaya gue aja. #Sirik#Iri

#Dapatkan Buku dengan harga miring
Mahalnya harga buku original selalu jadi momok mengerikan buat mahasiswa tiap 4 bulan sekali. Terlebih bagi mereka yang terbentur kucuran dana yang enggak lancar dari orang tuanya, ehem! ya enggak perlu disebutkanlah siapa contohnya.
Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa solusinya. Pertama, lo bisa pinjam buku original temen lo terus difotokopi. Kedua, lo bisa cari buku versi KW nya. Atau yang Ketiga, ambil dengan cuma-cuma buku teman sekelas yang belum dinamain.

Sekian tips hari ini yang bisa gue bagi ke kalian. Semoga bermanfaat dan dapat sedikit membantu teman-teman yang senasib.

Akhir kata, Salam Super Mahasiswa Tuna Rupiah!!

13 komentar:

ririnrian mengatakan...

untuk saran #Jangan Pacaran itu mah karna elu gak punya pacar jadi lu racunin temen" yang lain biar lu ad temen nya #jomblongenes hahahaha

untuk #Dapatkan Buku dengan harga miring itu w setuju dengan cara "patungan aja , satu kelompok satu buku" whahahaha

dol , mampir k blog guw juga ...


Ardi mengatakan...

Pliss Jangan buka aib gue. Karena ini aib kita bersama

Terus bukunya disobek-obek buat ramean gitu??! atau nanti bukunya dijual lagi dan uangnya buat makan batagor rame-rame??! atau bagaimana?? tolong dijelaskan.

Udah komeng gue di blok lu, lucu-lucu tulisannya. bales dong. Pahala loh ganjarannya. Heheh


arifbahtiar512 mengatakan...

bukan jgn pacaran bro. Cuma ad 2 kmungkinan bro single itu prinsip, jomblo itu nasib... Lu plih mna? haha...


Ardi mengatakan...

Biasa rif, ane lagi ngeracunin orang-orang biar gak punya pacar! Muahaha.


salam mengatakan...

Sepertinya itu tips saudaranya Hemat

Tips Pelit

hehe salam kenal

http://comp-hp.blogspot.com/


salam mengatakan...

oh ya satu lagi
poin "gauli pedagang" konotasinya terkesan sensitif kearah begonoan
bagusan "dekati pedagang"

http://indo-bintang.blogspot.com/


Ardi mengatakan...

Nyerempet kesana dikitlah *padahal emang murni pelit* wk
Oh iya makasih ^^
Eniwei blog yang indo-bintang subhanallah sekali. Maha Besar Tuhan atas segala makhluk ciptaanNya :D


willya randika mengatakan...

tips bagus gan, sebagai mahasiswa akuntansi ternyata lo dah advance bro buat hal gininan, mesti belajar banyak karena ane agak boros:hammer:,

btw, mampir blog ane yah :D


Arfia mengatakan...

wirausaha sekalian :D
dagang apah kek gituu,,haha..,


Ardi mengatakan...

@randi. Semoga tulisan ini bermanfaat :)
Keren banget, blognya dikelola secara profesional. Gamerholic sejati emang lo dari kecil, dan dewasa ini semakin aware dengan teknologi *kagum*

@arfi. Tadinya mau dimasukin fi, tapi malah kelewat :D . Dagang celana dalam bagus juga tuh, bisa dijadiin topi, kacamata, topeng, dan handuk kecil *hehe*


Abdullah mengatakan...

nice inpo gan...jgn lupa kali2 mampir lah kau ke blog ane...baru belajar bikin blog ane.

mohon sarannya ya

reasonyoudie.blogspot.com


Ardi mengatakan...

@Abdullah: bagus sekali gan blognya, nanti ane komeng juga di sana :)
Eh iya rasanya ente cucok deh sama teman ane yang diatas, willya randika. Sama2 gamemaniak. Coba aja ngobrol lebih dalam.


Arif Munandar mengatakan...

Sip sip sip tips n trik nya Goood lah #jangan pacaran Setuju bangjet. single


Posting Komentar

 
© 2009 - Mei9satu | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top